Bikin awet kabel RPM
3 posters
Halaman 1 dari 1
Bikin awet kabel RPM
Source: Motor Plus Online
Jangan heran kalau umur pakai kabel rpm Suzuki Thunder 125 itu tidak panjang. Belum sampai 6 bulan, indikator penunjuk putaran mesin dipastikan tewas. ?Kejadian ini beberapa kali dialami anggota Thunder Community 125,? jelas Yulgi Pramanda dari Penggilingan Jakarta Timur
Yulgi dapat ide dari Adi Adrianto alias Ajo yang dipercayakan sebagai mekaniknya. Deteksi Ajo, penyebab kawat kabel rpm sering putus karena jalur pengikat kabel rpm dari rumah indikator ke mesin terlalu mefet. Itu yang bikin putaran jadi seret (gbr. 1).
?Parahnya lagi, kabel rpm disekat pelat di ruang yang sempit di segitiga bawah. Gabung bersama kabel spidometer dan slang rem. Bahkan dudukan kabel di rangka dekat mesin pun agak naik ke atas menambah beban gesek berlebih. Kalau sudah putus, terpaksa mesti beli kawat yang dijual sekitar Rp 28.500,? beber Ajo yang buka bengkel CAJ Motor di Jl. Raya Jatiwaringin, No. 55, Pondok Gede, Bekasi.
Nah, daripada harus sering keluar duit, Ajo saranin agar posisi pasang kawat kabel rpm dibikin lega alias lapang. Caranya gampang, juga tidak harus keluar duit. Tapi, siapin dulu peralatan pendukung seperti kunci ring 10 dan 12, tang serta obeng kembang.
Langkah pertama, buka pelat penyekat kawat kabel rpm yang ada di segitiga bawah. Syaratnya baut pengikat pelat penyekat dibuka pakai kunci ring 12 (gbr. 2). Baru deh kabel rpm itu pasang di luar pelat biar tidak banyak lekukan kaku.
?Jangan lupa, kawat yang menopang pada dudukan di rangka sekalian dilepas atau pasang di bawahnya,? lanjut pria berdarah Makassar ini.
Pemilik Thunder yang sudah alami kabel putus, bisa langsung ikuti cara pasang seperti di atas. Cuma cara lepasnya, mur pengunci kawat pada panel spidometer dan di mesin dikendurkan pakai tang biasa (gbr. 3). Sedang yang di mesin, sekrup pelindug di kepala silinder terlebih dahulu dilepas pakai obeng kembang. Baru kemudian pasang.
Bisa panjang umur, kan.
Jangan heran kalau umur pakai kabel rpm Suzuki Thunder 125 itu tidak panjang. Belum sampai 6 bulan, indikator penunjuk putaran mesin dipastikan tewas. ?Kejadian ini beberapa kali dialami anggota Thunder Community 125,? jelas Yulgi Pramanda dari Penggilingan Jakarta Timur
Yulgi dapat ide dari Adi Adrianto alias Ajo yang dipercayakan sebagai mekaniknya. Deteksi Ajo, penyebab kawat kabel rpm sering putus karena jalur pengikat kabel rpm dari rumah indikator ke mesin terlalu mefet. Itu yang bikin putaran jadi seret (gbr. 1).
?Parahnya lagi, kabel rpm disekat pelat di ruang yang sempit di segitiga bawah. Gabung bersama kabel spidometer dan slang rem. Bahkan dudukan kabel di rangka dekat mesin pun agak naik ke atas menambah beban gesek berlebih. Kalau sudah putus, terpaksa mesti beli kawat yang dijual sekitar Rp 28.500,? beber Ajo yang buka bengkel CAJ Motor di Jl. Raya Jatiwaringin, No. 55, Pondok Gede, Bekasi.
Nah, daripada harus sering keluar duit, Ajo saranin agar posisi pasang kawat kabel rpm dibikin lega alias lapang. Caranya gampang, juga tidak harus keluar duit. Tapi, siapin dulu peralatan pendukung seperti kunci ring 10 dan 12, tang serta obeng kembang.
Langkah pertama, buka pelat penyekat kawat kabel rpm yang ada di segitiga bawah. Syaratnya baut pengikat pelat penyekat dibuka pakai kunci ring 12 (gbr. 2). Baru deh kabel rpm itu pasang di luar pelat biar tidak banyak lekukan kaku.
?Jangan lupa, kawat yang menopang pada dudukan di rangka sekalian dilepas atau pasang di bawahnya,? lanjut pria berdarah Makassar ini.
Pemilik Thunder yang sudah alami kabel putus, bisa langsung ikuti cara pasang seperti di atas. Cuma cara lepasnya, mur pengunci kawat pada panel spidometer dan di mesin dikendurkan pakai tang biasa (gbr. 3). Sedang yang di mesin, sekrup pelindug di kepala silinder terlebih dahulu dilepas pakai obeng kembang. Baru kemudian pasang.
Bisa panjang umur, kan.
Re: Bikin awet kabel RPM
hehehhe.........boleh juga tuh tipsnya......... ane coba ah.................soalnya tempo hari kabelnya si Blacki juga putus.......lumayan buat ngirit........dari pada setiap putus harus keluar doku 30k...........
Re: Bikin awet kabel RPM
jaah telat kasih tips nya...
kabel gw dah putus duluan ni..
kabel gw dah putus duluan ni..
ale_humas_bmc- Mandor
- Jumlah posting : 27
Registration date : 04.02.08
Re: Bikin awet kabel RPM
nasibb...kabel RPMnya diganti aja pake kabel setrika..kan kuat tuh..di maju-mundur tiap hari ga putus2...:p
Re: Bikin awet kabel RPM
wahh bener jg dah bro caesar pake kabel setrika aja yaxx..
nanti gw coba dahhhh....
))" longdesc="111" />
nanti gw coba dahhhh....
))" longdesc="111" />
ale_humas_bmc- Mandor
- Jumlah posting : 27
Registration date : 04.02.08
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik