Joint With Us.....!!!

Persaudaraan Suzuki Thunder

<<<<<PANSER>>>>>

Join the forum, it's quick and easy

Joint With Us.....!!!

Persaudaraan Suzuki Thunder

<<<<<PANSER>>>>>
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

Lebih Safety Dengan Helm 3

Go down

Lebih Safety Dengan Helm 3 Empty Lebih Safety Dengan Helm 3

Post by bagoes Thu 17 Apr 2008, 17:19

Helm, atribut vital bagi pengemudi dan penumpang
sepeda motor. Selain melindungi kepala dari sengat matahari hal yang
paling penting dari 'si bundar' ini melindungi kepala dari kecelakaan
lalu lintas.

Seiring berjalannya waktu, helm juga mengalami
banyak perkembangan, tak hanya sebagai pelindung, helm juga jadi
aksesori menilik dari banyaknya helm funky yang banyak dikenakan kawula
muda. So apapun alasannya helm tetap pegang peranan penting bagi
pengendara motor.

Demi keselamatan dan kenyamanan berkendara tak ada salahnya mencermati tips berhelm berikut:
1.
Pilih kaca helm yang bening dan memberikan efek netral sehingga tak
mengganggu pemandangan, terutama saat digunakan pada malam hari.
2.
Ukuran helm harus disesuaikan dengan kepala pemakainya. Helm yang
disarankan bagi seorang pengemudi adalah helm yang pas atau menekan
bagian pipi dan dahi pada wajah. Jika helm yang digunakannya itu tidak
pas atau longgar, besar kemungkinan helm itu akan terlepas dari kepala
semakin besar dan membahayakan pengendara.
3. Helm yang disarankan
bagi pembonceng adalah menggunakan helm yang sesuai dengan ukuran
kepala pemakainya dengan kaca polos, usahakan menggunakan helm yang
menutupi seluruh bagian wajah.
4. Buka kaca bagian depan helm
seperempat bagian saat hujan atau membuka seluruh ventilasi helm.
Membuka kaca akan mengurangi kabut pada kaca yang dapat mengganggu
penglihatan pengemudi.
5. Gunakanlah helm yang baru. Hindari menggunakan helm yang sudah jatuh lebih dari dua kali sebaiknya beli lagi yang baru.

Gangguan Saraf Akibat Kelalaian Penggunaan Helm

Kebanyakan
pengendara motor memakai helm di motivasi oleh peraturan lalu lintas,
bukan kesadaran pribadi. Bayangkan kalau tiba-tiba saja terjadi
kecelakaan. Bahkan sebuah helm sekali pun belum bisa menjamin
pengendara motor selamat dari kecelakaan. Walau terhindar dari gegar
otak, masih banyak luka lain yang bisa diderita.

Di Amerika
Serikat (AS), kecelakaan motor merupakan salah satu penyebab paling
besar terjadinya brachial plexus selain tertembak senjata api dan
bawaan saat lahir. Pengertian istilah branchial plexus sendiri adalah
sebuah jaringan yang terbentuk oleh serat-serat yang berada di antara
bahu dan leher. Dari sekian banyak gangguan saraf, brancihal plexus ini
menempati urutan tertinggi di negeri Paman Sam tersebut yaitu 1.019
kasus sejak 1968-2000.

Di AS biasanya penanganan kasus seperti
kecelakaan motor yang menyebabkan orang tidak mampu menggerakkan
tangannya, dilakukan oleh seorang dokter ahli saraf. Ini disebabkan
penyebab ketidakmampuan pasien menggerakkan tangannya lebih dipicu oleh
gangguan saraf, bukan sekadar otot. Branchial plexus sendiri terkait
dengan sumsum tulang belakang, salah satu sistem saraf pusat tempat di
mana berbagai gerakan tubuh mendapat perintah motorik.

Hal di
atas bisa terjadi jika terjadi benturan yang cukup keras di bagian
kepala akibat tidak ada pelindung di bagian kepala ataupun ada
pelindung tetapi tidak mumpuni dijadikan sebagai pelindung.

Jadi
gunakanlah pelindung kepala yang mumpuni karena kepala anda terlalu
berharga jika hanya di lindungi oleh sebongkah plastik atau dengan
rambut yang menempel di kepala.
bagoes
bagoes
JURAGAN
JURAGAN

Male
Jumlah posting : 79
Age : 41
Job/hobbies : chatt
Registration date : 31.01.08

https://panser.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik